Kajian Hadis Intertekstual: Contoh dan Aplikasi

Daftar Isi [Tampilkan]
Oleh: Muhammad Akmaluddin



Pendahuluan

Kajian hadis interteksual adalah kajian terhadap teks hadis yang mungkin mempunyai relasi tertentu dengan teks lain. Kajian hadis intertekstual memungkinkan pemahaman yang lebih luas dengan melihat teks-teks lain yang dianggap mempunyai hubungan dengan hadis. Salah satu yang sering digunakan adalah dengan melihat teks hadis dengan kitab lain seperti Alkitab Kristen atau Alkitab Ibrani, atau kitab-kitab lainnya. Dalam kesempatan ini, kajian hadis intertekstual akan disajikan dengan beberapa contoh dan penerapan, yang diambil dari beberapa tulisan atau postingan media sosial para pengkaji bidang intertekstual. Salah satunya adalah Elon Harvey, dan mungkin akan ditambahkan tulisan tokoh lain.

Penyajian hadis intertekstual di sini hanya sebagai pengantar ataupun pendahuluan bagi yang ingin mengembangkan kajian ini. Tentunya kemampuan bahasa selain bahasa Arab seperti bahasa Latin, bahasa Ibrani, dan bahasa Semit lainnya menjadi sangat penting dalam kajian ini. Kajian ini mengkhususkan pada kitab selain Alquran, agar para pembaca mendapatkan perspektif baru terkait kajian teks. Mungkin juga akan ada kajian interteksual selain hadis, namun masih dekat hubungannya dengan kajian hadis, seperti perkataan para ulama.

Rencananya, halaman ini akan menampilkan contoh dan aplikasi kajian hadis intertekstual yang dimulai dengan contoh yang paling baru dan akan diakhiri dengan contoh yang paling lama. Jadi halaman ini akan berkembang dari waktu dan waktu. Saran dan masukan dari pembaca sangat dinantikan untuk pengembangan halaman ini. Perkembangan dan isi materi dapat dilihat dalam daftar isi yang terletak paling atas.

4. Larangan Memakan Ikan Tanpa Sisik

حدثنا أبو بكر قال حدثنا حفص قال سمعت جعفرا يقول : ما ليس فيه قشر من السمك فإنا نعافه ولا نأكله (رواه ابن أبي شيبة)

כֹּל אֲשֶׁר אֵין לוֹ סְנַפִּיר וְקַשְׂקֶשֶׂת בַּמָּיִם שֶׁקֶץ הוּא לָכֶם

But all in the seas or in the rivers that do not have fins and scales, all that move in the water or any living thing which is in the water, they are an abomination to you (Leviticus 11: 10)


3. Ilmu Agama dan Raga

عن النبي (صلى الله عليه وآله) العلم علمان: علم الأديان وعلم الأبدان (رواه المجلسي في بحار الأنوار)

ואמר החכם הערבי, החכמות שתים. חכמת התורות וחכמת הגופות.

An Arab wiseman said: There are 2 sciences, the science of religions & that of bodies (Ibn Tibbon)


2. Puasa Asyura’ atau Asor

Asor adalah hari kesepuluh bulan pertama untuk berpuasa, yang disebut sebagai Yom Kippur

قَدِمَ رسولُ اللهِ صلَّى اللهُ عليهِ وسلَّمَ المدينةَ فرأَى اليهودَ يصومونَ يومَ عاشوراءَ فقال لهم : ما هذا اليومَ الذي تَصومونهُ قالوا : هذا يومٌ صالحٌ هذا يومٌ نَجَّى اللهُ فيه بَنِي إسرائيلَ من عدُوِّهم فصامهُ موسى عليهِ السلامُ فقال رسولُ اللهِ صلَّى اللهُ عليهِ وسلَّمَ : أنا أحقُّ بِموسَى منكم فصامهُ رسولُ اللهِ صلَّى اللهُ عليهِ وسلَّمَ وأَمَرَ بصومِه (رواه البخاري ومسلم)

אמצתה עשור לכפור תמה.


1. Inti Hikmah adalah Takut Kepada Allah

رأس الحكمة مخافة الله (رواه الحكيم الترمذي والديلمي والبيهقي في الشعب)

רֵאשִׁית חָכְמָה יִרְאַת יְהוָה

The beginning of wisdom is the fear of God (Psalms 111: 10)



Baca juga:
Labels : #Ibrani ,#Intertekstual ,
Menunggu informasi...

Posting Komentar